Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

PETUNJUK PENULISAN ARTIKEL ILMIAH

Jurnal Perkeretaapian Indonesia memuat artikel ilmiah di bidang ilmu perkeretaapian seperti teknik elektro perkeretaapian, teknik mekanika perkeretaapian, teknik bangunan dan jalur perkeretaapian, menejemen teknik perkeretaapian  serta topik – topik yang relevan lainnya. Artikel yang diusulkan untuk dimuat dalam Jurnal Perkeretaapian Indonesia haruslah tulisan yang belum pernah dipublikasi dalam jurnal ilmiah lainnya. Artikel dapat ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris dengan menggunakan kaidah bahasa tulis yang baik dan benar.
Artikel ditulis dalam bentuk manuskrip sesuai dengan template jurnal yang telah disediakan. Secara garis besar manuskrip yang dikirimkan harus mencakup beberapa poin berikut :

1      Informasi Umum

1.1    Naskah Karya Ilmiah

Penulis harus mengetik makalah dalam bentuk yang sesuai untuk publikasi. Penulis harus mengikuti pedoman ini untuk mempersiapkan naskah. Penulis disarankan menggunakan program MS Word. Naskah karya ilmiah tidak melebihi 20 halaman, termasuk lampiran dan referensi. Struktur naskah adalah sebagai berikut:

  1. Bagian awal: judul, nama penulis, abstraksi.
  2. Bagian utama: berisi pendahuluan, Kajian literature dan pengembangan hipotesis (jikaada), cara/metode penelitian, hasil penelitian dan pembahasan, dan kesimpulan dan saran(jika ada).
  3. Bagian akhir: ucapan terima kasih (jika ada), keterangan simbol (jika ada), dan daftar pustaka.

Pendahuluan mencakup latar belakang atas isu atau permasalahan serta urgensi dan rasionalisasi kegiatan (penelitian atau pengabdian). Tujuan kegiatan dan rencana pemecahan masalah disajikan dalam bagian ini. Tinjauan pustaka yang relevan dan pengembangan hipotesis (jika ada) dimasukkan dalam bagian ini.

Metode penelitian menjelaskan rancangan kegiatan, ruang lingkup ata uobjek, bahan dan alat utama, tempat, teknik pengumpulan data, definisi operasional variable penelitian, dan teknik analisis.

Bagian Hasil penelitian dapat dilengkapi dengan tabel, grafik (gambar), dan/atau bagan. Bagian pembahasan memaparkan hasil pengolahan data, menginterpretasikan penemuan secaralogis, mengaitkan dengan sumber rujukan yang relevan. Kesimpulan berisi rangkuman singkat atas hasil penelitian dan pembahasan.

1.2    Layout Halaman

Gunakan ukuran kertas A4 (210 × 297 mm) untuk naskah. Atur margin kiri 25 mm dan kanan 15 mm, margin atas 25 mm dan bawah 20 mm. Gunakan layout halaman satu-kolom untuk awal naskah dari judul sampai dengan kata kunci dan layout halaman dua kolom untuk bagian isi. Atur margin tengah di 10 mm (lebar kolom adalah 85 mm).

1.3    Jenis Huruf, Ukuran, and Spasi

Gunakan Times New Roman dengan ukuran 11, spasi tunggal, jenis Times New Roman, teks normal (style normal). Gunakan ukuran font 10 untuk keterangan tabel (Tabel Caption Style), keterangan gambar (Gambar Caption Style), dan referensi (Reference Style), abstrak (Abstract Style), dan kata kunci (Keyword style). Gunakan huruf miring untuk judul jurnal atau buku, kata-kata Latin (dsb.), dan rumus matematika kecuali untuk fungsi (log, ln, sin, cos, max., D di dx, dll). Jangan pernah menggunakan jenis huruf tebal, kecuali untuk menunjukkan vektor dalam matematika. Tidak boleh ada garis bawah di teks.

1.4    Header and Footer

Header dan footer ditempatkan pada 125 mm dari margin atas dan bawah. Header dan footer ditulis dalam ukuran font 10 dengan jenis times new roman, rata kiri, spasi tunggal, jarak nol sebelum dan sesudah paragraf, rata kanan tab pada 180 mm.

Ada dua teks header yang dipisahkan oleh tag tab. Teks pertama berbunyi "Jurnal Perkeretaapian Indonesia". Teks ini dibiarkan selaras. Teks kedua berbunyi "ISSN".

Penulis dapat menempatkan nomor halaman di bagian bawah bagian kanan untuk halaman ganjil dan bagian kiri untuk halaman genap.

1.5    Nama File

Penulis harus menyerahkan makalah mereka dalam dua format file, dalam format pdf dan dalam format aslinya (Ms Word). JPI Nama Pertama Penulis Pertama.

2      Layout Text

2.1    Judul

Terapkan Judul style pada artikel. Style digunakan untuk tata letak judul (jenis dan ukuran font, paragraf alignment, spacing). Judul dengan ukuran 16 jenis font roman, menggunakan huruf capital untuk karakter pertama dari setiap teks, kecuali kata ganti, rata kiri, spasi tunggal, dengan ukuran spasi 20 pt sebelum dan sesudah paragraf.

2.2    Penulis

Ketik nama penulis dengan nama pertama diikuti nama berikutnya. Penulisi dapat dikelompokkan berdasarkan institusinya. Jika hanya ada satu co-penulis dan memiliki afiliasi yang sama dengan penulis pertama, menempatkan kata "dan" untuk memisahkan nama penulis pertama dan kedua. Nama penulis ditulis dengan ukuran 12 pt jenis font roman, satu spasi, tanpa spasi. Keterangan penulis berisi informasi sebagai berikut: perusahaan / lembaga / universitas dan email.

2.3    Abstrak

Abstrak tidak melebihi 250 kata dan tidak lebih dari 11 baris. Penerapan style Abstrak pada paragrap. Abstrak menggunakan ukuran huruf 10 pt jenis roman, rata kanan, spasi tunggal untuk paragraf, spasi 20 pt sebelum dan 10 pt setelah paragraf. Judul abstrak menggunakan style font 12 pt.

2.4    Kata kunci

Terdiri dari 3 sampai 5 kata yang dipisahkan dengan koma. Ukuran huruf 10 pt jenis roman, rata kiri, satu spasi, jarak nol sebelum dan sesudah paragraf.

2.5    Perubahan Layout

Berikan satu baris kosong di bawah kata kunci. Masukkan section break continuous. Hal ini dapat dilakukan dengan mengklik Page Layout dari menu utama, pilih Section Breaks Continuous dari berbagai jenis section break pada jendela yang muncul. Terapkan tata letak halaman dua kolom dengan 10 mm margin tengah (lebar kolom akan menjadi 85 mm). Dokumen ini telah diatur sesuai dengan layout halaman atas.

2.6    Headings

Terapkan Heading 1 dan Heading 2 untuk bab dan bagian judul masing-masing. Penulis dapat menambahkan sub-bagian lain dengan menerapkan Heading 3. Bab judul ditulis dalam 11 pt jenis font roman, spasi baris tunggal, 15 poin  spasi sebelum dan 4 spasi titik setelah paragraf. Dengan menerapkan Heading 1, semua karakter dan penomoran otomatis akan diberikan kepada bab heading.

2.6.1   Ini adalah sub-section heading

Jika diperlukan, sub sub bab dapat menggunaan style Heading 3 ini.

2.7    Teks

Gunakan style Normal ke teks paragraf. Paragraf menggunakan jenis font roman 11 pt, rata kanan, spasi tunggal, spasi nol sebelum dan spasi 10 setelah paragraf. Jangan gunakan baris kosong untuk mendapatkan jarak antara paragraf berturut-turut.

Gunakan format penomoran untuk menulis daftar.

  1. Gunakan jenis penomoran seperti ini.
  2. Hal ini dilakukan dengan menerapkan numbering format pada MS Word.
  3. Daftar dibuat lurus dengan paragraf.

Angka dari lima atau lebih digit dikelompokkan dalam blok tiga digit dengan spasi atau koma, misalnya 10.000. Jangan melakukannya untuk angka empat digit atau kurang, misalnya 9000. Desimal disajikan oleh tanda koma, misal 3,141592654 atau 3,141 592 654. Perhatikan untuk tidak memisahkan angka menjadi beberapa baris. Gunakan unit SI (standard International) atau turunannya untuk menunjukkan unit.

2.8    Equations

Gunakan equation editor untuk setiap persamaan matematika. Gunakan perkalian tanda × bukan x untuk perkalian. Paragrap yang berisi rumus dibiarkan rata kiri, spasi tunggal, spasi nol sebelum dan 10 pt spasi setelah paragraf, tidak menambahkan spasi antara paragraf yang berisi rumus. Terapkan style Equstion (rumus) untuk menunjukkan rumus.

Beri penomoran pada rumus sesuai dengan penempatannya. Tempatkan nomor dalam kurung margin kanan menggunakan tombol tab. Rumus (1) dan rumus (2) adalah contoh menempatkan rumus dalam teks.

di mana A adalah luas penampang aliran, Q adalah debit, qℓ adalah aliran lateral per unit panjang saluran, t adalah waktu, dan x adalah jarak sepanjang saluran.

di mana u adalah kecepatan aliran, f adalah variabel skalar, Γ adalah koefisien difusi, R adalah sumber, dan x adalah jarak sepanjang aliran

2.9    Tabel

Tabel harus terletak dekat dengan tulisan yang menerangkannya dan diberi nomor secara berurutan. Penjelasan harus diberikan di kaki tabel, tidak dalam tabel itu sendiri. Gunakan hanya aturan horisontal: Satu di atas dan satu di bawah judul kolom dan satu di kaki tabel. Tabel ditulis dengan 11 pt jenis font Romawi. Anda dapat menggunakan ukuran font yang lebih kecil (10 poin) di tabel. Tabel harus sesuai dengan lebar kolom 85 mm. Contoh penulisan ada pada Tabel 1 dan Tabel 2 berikut.

 

2.10 Gambar

Gambar harus terletak dekat dengan keterangannya dengan penomoran yang berurutan yang dapat mencukupi lebar kolom 85 mm atau 180 mm. Contoh gambar dapat dilihat sebagai berikut.

 

3      KESIMPULAN

Kesimpulan harus menyatakan ringkasan dari yang paling penting dari naskah karya ilmiah serta dari pandangan penulis memuat implikasi praktis dari hasil.

UCAPAN TERIMA KASIH

Penulis dapat menempatkan ucapan terima kasih di sini. Tulis ucapan terima kasih yang menurut anda penting.

REFERENSI

Setiap kutipan teks harus terdaftar di bawah judul "Referensi" pada akhir teks. Sebaliknya, semua entri dalam daftar referensi harus dikutip dalam teks; mereka yang tidak dikutip tidak boleh ada dalam daftar. Untuk menuliskan referensi disarankan menggunakan software reference manager seperti zotero, mendeley, dan lain sebagainya.

Di bawah ini adalah contoh bagaimana menulis referensi: jurnal, buku, disertasi, dan prosiding.

[1] Ahmed, F., and Rajaratnam, N. (1998). “Flow around bridge piers.” ASCE, J. Hydr. Engrg., 124(3), 288-300.

[2] Graf, W.H., and Altinakar, M.S. (1998). Fluvial Hydraulics, John Wiley & Sons, Ltd., Chichester, England.

[3] Istiarto, I. (2001). “Flow around a cylinder on a scoured channel bed.” Ph.D. Thesis No. 2368, EPFL, Lausanne, Switzerland.

[4] Kobayashi, T., Aibara, T., and Harada, H. (1997). “Vorticity distribution of horseshoe vortex on scoured bed.” Proc. 27th Congress of the IAHR, San Francisco, California, Theme A, 202-207.

LAMPIRAN

Lampiran dapat dimasukkan di sini jika diperlukan. Jika ada dua atau lebih lampiran, menggunakan judul sebagai Lampiran 1, Lampiran 2.

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.