Analisis Perhitungan Teknis Brake Cylinder 10 inch dan 12 inch Pada Gerbong Terbuka (Studi Kasus : Gerbong Terbuka Di Balai Yasa Surabaya Gubeng)

  • Hari Boedi Wahjono Akademi Perkeretaapian Indonesia
  • Akbar Zulkarnain Akademi Perkeretaapian Indonesia
  • Royyan Rukai Akademi Perkeretaapian Indonesia
Keywords: Gerbong Datar, Presentase Pengereman, Brake Cylinder, waktu kerja, waktu release, jarak pengereman

Abstract

Penelitian ini disusun dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh perubahan brake cylinder dari ukuran 10 inch menjadi 12 inch pada Gerbong Terbuka, karena Gerbong Terbuka ini merupakan satu – satunya gerbong yang memiliki dua buah brake cylinder berbeda dengan gerbong yang lainnya. Penelitian dilakukan dengan menghitung presentase pengereman pada penggunaan brake cylinder tipe ukuran 10 inch dan 12 inch pada gerbong Terbuka yang digunakan di Balai Yasa Surabaya Gubeng. Menghitung waktu kerja dan waktu release pada brake cylinder dengan ukuran 10 inch dan 12 inch dari tekanan 0,4 – 3,8 kg/cm2. Menghitung jarak pengereman dengan asumsi jenis lokomotif dan jumlah gerbong yang ditarik sama. Penelitian menghasilkan waktu kerja dan waktu release mendapat hasil yang bervariasi yaitu waktu kerja lebih cepat pada BC 12 inch dan waktu release lebih cepat pada BC 10 inch. Hasil presentase pengereman yang sudah didapatkan dari penghitungan dengan standar presentase pengereman adalah 40 % <l£ 120 %. Dari standar yang ditentukan sesuai UIC, pada penggunaan brake cylinder 10 inch tidak memenuhi syarat pada hasil perhitungan presentase pengereman saat muatan penuh, dan untuk brake cylinder dengan ukuran 12 inch dapat memenuhi persyaratan yang sudah ditentukan. Hasil presentase tekanan blok rem yang sudah didapatkan dari penghitungan dengan standar presentase pengereman adalah 30% <þ£85 %. Dari standar yang ditentukan sesuai UIC, pada penggunaan brake cylinder 10 inch tidak memenuhi syarat pada hasil perhitungan presentase tekanan blok rem muatan penuh, sedangkan untuk brake cylinder dengan ukuran 12 inch memenuhi. Jarak pengereman yang diperoleh dari hasil simulasi hitungan dengan faktor yang sudah ditentukan memperoleh hasil dengan jarak pengereman untuk BC 12 inch lebih dekat daripada yang menggunakan BC 10 inch. Untuk menyempurnakan hasil penelitian ini perlu dilakukan pengujian terhadap komponen brake cylinder secara dinamis.

Published
2018-03-20