Analisis Antrian Di Stasiun Tugu Yogyakarta

  • Handoko . Akademi Perkeretaapian Indonesia
  • Septiana Widi Astuti Akademi Perkeretaapian Indonesia
Keywords: Analisis Antrian, Stasiun Tugu

Abstract

Antrian adalah suatu situasi umum yang biasa terjadi dalam kehidupan sehari-hari dimana konsumen menunggu di depan loket untuk mendapatkan giliran pelayanan atauĀ  fasilitasĀ  layanan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui kinerja sistem antrian pada loket pembelian tiket kereta api di Stasiun Tugu Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan yang datang ke Stasiun Kereta Api Tugu Yogyakarta untuk melakukan pembelian tiket kereta api. Pengambilan sampel menggunakan teknik aksidental sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus antrian untuk Model B: M/M/S. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja sistem antrian pada loket pembelian tiket kereta api di Stasiun Tugu Yogyakarta belum optimal.

Published
2017-11-20